Proses Kerja Saat Magang di LPP RRI Singaraja
Sebelumnya saya sudah membahas tentang apa itu magang dan membahas mengenai magang di LPP RRI Singaraja. Sekarang saya akan membahas mengenai proses kerja dimasing-masing seksi saat melaksanakan magang di LPP RRI Singaraja. LPP RRI Singaraja terbagi menjadi 5 seksi yaitu seksi siaran, seksi pemberitaan, seksi Teknologi dan Media Baru (TMB), seksi Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU), dan sub bagian Tata Usaha.
1. Seksi Teknologi dan Media Baru (TMB)
Seksi Teknologi
dan Media Baru (TMB) merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang
bertanggung jawab terhadap proses editing serta sarana dan prasarana
penyiaran. Saya ditempatkan di seksi
Teknologi dan Media Baru (TMB) mulai tanggal 14 Agustus – 1 September 2023.
Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di seksi Teknologi dan Media
Baru (TMB) yaitu sebagai berikut:
1) Mengedit Rekaman
Saya ditugaskan untuk merekam sekaligus mengedit rekaman baik itu
renungan dharma, basa basita Bahasa Bali, promosi Spada, filler, spot promo,
Iklan Layanan Masyarakat, mimbar agama Hindu, mimbar agama Kristen, pembinaan
Bahasa Bali, kiprah Indonesia, dan drama radio (legenda).
2. Seksi
Pemberitaan
Seksi pemberitaan
merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang bertanggung jawab
terhadap seluruh kinerja sektor pemberitaan radio sekaligus koordinator
produksi pemberitaan mulai dari perencanaan sampai penyiaran berita, menilai
kelayakan siaran berita, serta mengkoordinir pencarian berita di lapangan untuk
mendapatkan berita yang baik dan berkualitas. Saya ditempatkan di seksi
pemberitaan mulai tanggal 4 – 29 September 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan
selama ditempatkan di seksi pemberitaan yaitu sebagai berikut:
1)
Liputan
Liputan menjadi tugas utama reporter untuk mencari informasi yang akan
digunakan sebagai bahan membuat naskah berita. Saat berada di seksi
pemberitaan, saya ikut meliput berita bersama reporter ke Kantor DPRD Buleleng,
SMA Negeri 1 Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha, Polres Buleleng, Gedung
Pelayanan Usaha Terpadu, STIKes Buleleng, Klinik Sutji Medika, Singaraja
Literary Festival, Kantor Pertanahan Buleleng, Universitas Panji Sakti, Bandara
Internasional Bali Utara, dan Kejaksaan Negeri Buleleng. Saat melakukan liputan
berita saya merekam apa yang narasumber sampaikan.
2) Rekaman Membaca Berita
Dalam rekaman membaca berita harus memperhatikan artikulasi, penggunaan
intonasi yang jelas, dan mengatur volume suara. Setelah mendapatkan naskah
berita yang dibuat oleh reporter, saya melakukan rekaman membaca berita di
ruangan khusus rekaman. Rekaman tersebut nantinya akan disiarkan saat warta
pagi pukul 06.00 WITA/saat warta siang pukul 13.00 WITA.
3)
Menginsert
Naskah Berita
Setelah
melakukan liputan berita, reporter membuat naskah berita yang nantinya akan
disiarkan saat warta pagi/warta siang. Saya ditugaskan untuk menginsert hasil
wawancara narasumber saat liputan ke dalam naskah berita. Saya menggunakan headphone
untuk mendengarkan hasil wawancara narasumber kemudian mengetik apa yang
disampaikan oleh narasumber untuk dijadikan naskah berita.
3.
Seksi Siaran
Seksi siaran
merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang bertanggung jawab dalam
hal membangun citra LPP RRI Singaraja yang terpercaya dan memberikan persepsi
positif LPP RRI Singaraja kepada segenap lapisan masyarakat. Saya ditempatkan di seksi siaran
mulai tanggal 2 Oktober – 3 November 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan
selama ditempatkan di seksi siaran yaitu sebagai berikut:
1)
Memeriksa dan Mengklasifikasikan Daftar Acara Siaran
(DAS)
Daftar Acara
Siaran (DAS) berisi materi siaran setiap harinya yang terdiri dari nama program
dan durasinya kemudian ditandatangani oleh penyiar dinas, producer, dan
petugas LPU. Kegiatan siaran dibagi menjadi 4 daypart yaitu daypart pagi,
daypart siang, daypart sore, dan daypart malam. Jika terdapat DAS yang kurang
atau belum lengkap maka saya bertanya kepada penyiar dinas agar seluruh Daftar
Acara Siaran (DAS) mulai dari daypart pagi – malam terisi dan tidak ada
kesalahan. Kemudian saya mengklasifikasikan Daftar Acara Siaran (DAS) dari
setiap daypart selama satu bulan dan menghitung jumlah spot promo & Iklan
Layanan Masyarakat (ILM) serta filler.
4. Sub
bagian Tata Usaha
Sub bagian
Tata Usaha merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang bertanggung
jawab dalam pelaksanaan urusan sumber daya manusia, urusan keuangan, dan urusan
umum. Saya ditempatkan di sub bagian Tata Usaha mulai tanggal 6 November – 1
Desember 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di sub bagian
Tata Usaha yaitu sebagai berikut:
1)
Mengupload Data Keputusan Kepala LPP RRI Singaraja di Website
JDIH RRI
Saya ditugaskan
untuk mengupload data keputusan Kepala LPP RRI Singaraja tahun 2023 di website
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) RRI dengan memasukkan jenis
peraturan, nomor peraturan dan tahun, judul peraturan, tempat penetapan,
tanggal penetapan dan pengundangan, dan file dokumen yang bersangkutan.
2)
Ngescan Dokumen
Saya ditugaskan
untuk ngescan dokumen Surat Keputusan tahun 2023 berjumlah 66 dokumen
menggunakan scanner, ngescan laporan bulanan LPP RRI Singaraja bulan September
2023, ngescan formulir permintaan dan pemberian cuti, ngescan pembentukan tim
pelaksana harian RRI Singaraja, dan dokumen lainnya.
5. Seksi
Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU)
Seksi Layanan
dan Pengembangan Usaha (LPU) merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja
yang berkoordinasi kepada Kepala Stasiun LPP RRI Singaraja yang bertanggung
jawab dalam hal merencanakan, merumuskan, melaksanakan kebijakan dan
standarisasi, serta mengevaluasi pengelolaan layanan dan pengembangan usaha. Saya
ditempatkan
di seksi Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) mulai tanggal 4 - 15 Desember
2023. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di seksi Layanan dan
Pengembangan Usaha (LPU) yaitu sebagai berikut:
1)
Menginput Rekapitulasi Kontrak Satuan Kerja LPP RRI
Singaraja
Saya menginput
rekapitulasi kontrak satuan kerja LPP RRI Singaraja bulan November 2023 dengan
memasukkan nama klien dan tanggal setor yang terdapat dalam buku laporan bulan
November tahun 2023 seksi Layanan dan Pengembangan Usaha pada file excel yang
sudah disediakan.
2)
Menginput Daftar Informasi Publik RRI Singaraja
Saya menginput
daftar informasi publik RRI Singaraja yang telah diupload dalam www.ppid.co.id periode November 2023 ke dalam file excel yang sudah
disediakan.
Segitu dulu pembahasan
mengenai proses kerja dimasing-masing seksi saat melaksanakan magang di LPP RRI
Singaraja. Pada blog selanjutnya, saya akan membahas mengenai kendala
yang dihadapi saat melaksanakan magang di LPP RRI Singaraja beserta solusinya.
Terima kasih sudah membaca blog ini dan jangan lupa baca juga blog saya yang lain ya!
Comments
Post a Comment