Proses Kerja Saat Magang di LPP RRI Singaraja

Sebelumnya saya sudah membahas tentang apa itu magang dan membahas mengenai magang di LPP RRI Singaraja. Sekarang saya akan membahas mengenai proses kerja dimasing-masing seksi saat melaksanakan magang di LPP RRI Singaraja. LPP RRI Singaraja terbagi menjadi 5 seksi yaitu seksi siaran, seksi pemberitaan, seksi Teknologi dan Media Baru (TMB), seksi Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU), dan sub bagian Tata Usaha.  

1.     Seksi Teknologi dan Media Baru (TMB)

Seksi Teknologi dan Media Baru (TMB) merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang bertanggung jawab terhadap proses editing serta sarana dan prasarana penyiaran. Saya ditempatkan di seksi Teknologi dan Media Baru (TMB) mulai tanggal 14 Agustus – 1 September 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di seksi Teknologi dan Media Baru (TMB) yaitu sebagai berikut: 

1)     Mengedit Rekaman

Saya ditugaskan untuk merekam sekaligus mengedit rekaman baik itu renungan dharma, basa basita Bahasa Bali, promosi Spada, filler, spot promo, Iklan Layanan Masyarakat, mimbar agama Hindu, mimbar agama Kristen, pembinaan Bahasa Bali, kiprah Indonesia, dan drama radio (legenda).

                       

2.     Seksi Pemberitaan

Seksi pemberitaan merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang bertanggung jawab terhadap seluruh kinerja sektor pemberitaan radio sekaligus koordinator produksi pemberitaan mulai dari perencanaan sampai penyiaran berita, menilai kelayakan siaran berita, serta mengkoordinir pencarian berita di lapangan untuk mendapatkan berita yang baik dan berkualitas. Saya ditempatkan di seksi pemberitaan mulai tanggal 4 – 29 September 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di seksi pemberitaan yaitu sebagai berikut:  

1)     Liputan

Liputan menjadi tugas utama reporter untuk mencari informasi yang akan digunakan sebagai bahan membuat naskah berita. Saat berada di seksi pemberitaan, saya ikut meliput berita bersama reporter ke Kantor DPRD Buleleng, SMA Negeri 1 Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha, Polres Buleleng, Gedung Pelayanan Usaha Terpadu, STIKes Buleleng, Klinik Sutji Medika, Singaraja Literary Festival, Kantor Pertanahan Buleleng, Universitas Panji Sakti, Bandara Internasional Bali Utara, dan Kejaksaan Negeri Buleleng. Saat melakukan liputan berita saya merekam apa yang narasumber sampaikan.

 

 

 

 

 

 

2)     Rekaman Membaca Berita

Dalam rekaman membaca berita harus memperhatikan artikulasi, penggunaan intonasi yang jelas, dan mengatur volume suara. Setelah mendapatkan naskah berita yang dibuat oleh reporter, saya melakukan rekaman membaca berita di ruangan khusus rekaman. Rekaman tersebut nantinya akan disiarkan saat warta pagi pukul 06.00 WITA/saat warta siang pukul 13.00 WITA.      

   

3)     Menginsert Naskah Berita

Setelah melakukan liputan berita, reporter membuat naskah berita yang nantinya akan disiarkan saat warta pagi/warta siang. Saya ditugaskan untuk menginsert hasil wawancara narasumber saat liputan ke dalam naskah berita. Saya menggunakan headphone untuk mendengarkan hasil wawancara narasumber kemudian mengetik apa yang disampaikan oleh narasumber untuk dijadikan naskah berita.  

                

3.     Seksi Siaran

Seksi siaran merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang bertanggung jawab dalam hal membangun citra LPP RRI Singaraja yang terpercaya dan memberikan persepsi positif LPP RRI Singaraja kepada segenap lapisan masyarakat. Saya ditempatkan di seksi siaran mulai tanggal 2 Oktober – 3 November 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di seksi siaran yaitu sebagai berikut: 

1)     Memeriksa dan Mengklasifikasikan Daftar Acara Siaran (DAS)

Daftar Acara Siaran (DAS) berisi materi siaran setiap harinya yang terdiri dari nama program dan durasinya kemudian ditandatangani oleh penyiar dinas, producer, dan petugas LPU. Kegiatan siaran dibagi menjadi 4 daypart yaitu daypart pagi, daypart siang, daypart sore, dan daypart malam. Jika terdapat DAS yang kurang atau belum lengkap maka saya bertanya kepada penyiar dinas agar seluruh Daftar Acara Siaran (DAS) mulai dari daypart pagi – malam terisi dan tidak ada kesalahan. Kemudian saya mengklasifikasikan Daftar Acara Siaran (DAS) dari setiap daypart selama satu bulan dan menghitung jumlah spot promo & Iklan Layanan Masyarakat (ILM) serta filler.

4.     Sub bagian Tata Usaha

Sub bagian Tata Usaha merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan urusan sumber daya manusia, urusan keuangan, dan urusan umum. Saya ditempatkan di sub bagian Tata Usaha mulai tanggal 6 November – 1 Desember 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di sub bagian Tata Usaha yaitu sebagai berikut:   

1)     Mengupload Data Keputusan Kepala LPP RRI Singaraja di Website JDIH RRI

Saya ditugaskan untuk mengupload data keputusan Kepala LPP RRI Singaraja tahun 2023 di website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) RRI dengan memasukkan jenis peraturan, nomor peraturan dan tahun, judul peraturan, tempat penetapan, tanggal penetapan dan pengundangan, dan file dokumen yang bersangkutan.

2)     Ngescan Dokumen   

Saya ditugaskan untuk ngescan dokumen Surat Keputusan tahun 2023 berjumlah 66 dokumen menggunakan scanner, ngescan laporan bulanan LPP RRI Singaraja bulan September 2023, ngescan formulir permintaan dan pemberian cuti, ngescan pembentukan tim pelaksana harian RRI Singaraja, dan dokumen lainnya.

5.     Seksi Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) 

Seksi Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) merupakan salah satu seksi di LPP RRI Singaraja yang berkoordinasi kepada Kepala Stasiun LPP RRI Singaraja yang bertanggung jawab dalam hal merencanakan, merumuskan, melaksanakan kebijakan dan standarisasi, serta mengevaluasi pengelolaan layanan dan pengembangan usaha. Saya ditempatkan di seksi Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) mulai tanggal 4 - 15 Desember 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ditempatkan di seksi Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) yaitu sebagai berikut:    

1)     Menginput Rekapitulasi Kontrak Satuan Kerja LPP RRI Singaraja

Saya menginput rekapitulasi kontrak satuan kerja LPP RRI Singaraja bulan November 2023 dengan memasukkan nama klien dan tanggal setor yang terdapat dalam buku laporan bulan November tahun 2023 seksi Layanan dan Pengembangan Usaha pada file excel yang sudah disediakan.

2)     Menginput Daftar Informasi Publik RRI Singaraja

Saya menginput daftar informasi publik RRI Singaraja yang telah diupload dalam www.ppid.co.id periode November 2023 ke dalam file excel yang sudah disediakan. 

Segitu dulu pembahasan mengenai proses kerja dimasing-masing seksi saat melaksanakan magang di LPP RRI Singaraja. Pada blog selanjutnya, saya akan membahas mengenai kendala yang dihadapi saat melaksanakan magang di LPP RRI Singaraja beserta solusinya.

Terima kasih sudah membaca blog ini dan jangan lupa baca juga blog saya yang lain ya!    

Comments

Popular posts from this blog

Kendala dan Solusi Saat Magang di LPP RRI Singaraja

Magang di LPP RRI Singaraja